GIFTED atau AUTISME, Bagaimana membedakannya ? (part 6)

Tulisan ini merupakan Tulisan Ibu Julia Van Tiel yang saya kutip dari Blognya. Karena saat ini saya sedang konsern masalah ini. Tulisan ini akan dibagi menjadi beberapa bagian. Semoga bermanfaat.

MASALAH YANG DAPAT DITIMBULKAN KARENA KARAKTERISTIK ANAK BERBAKAT

Karakteristik anak berbakat bukan melulu bahwa ia mempunyai kecerdasan tinggi, namun berbagai karakteristik yang dimilikinya dapat menimbulkan berbagai masalah baik masalah perilaku agresif, gangguan psikologis, sosial, dan psikosomatik. Bisa kita lihat seperti bagan di bawah ini:

MASALAH YANG MUNGKIN DAPAT TERJADI AKIBAT FAKTOR KUAT ANAK BERBAKAT

FAKTOR KUAT

KEMUNGKINAN MASALAH

Mudah menerima/mengingat informasi

Tidak sabaran; tidak menyukai latihan dasar

Rasa ingin tahu tinggi; mencari yang bermakna

Bertanya yang tidak-tidak/memalukan; minatnya berlebihan

Motivasi dari dalam

Kemauan tinggi; tidak suka campur tangan orang lain

Senang menyelesaikan masalah; dapat membuat konsep, abstraksi & sintesa

Tidak suka hal-hal rutin; mempertanyakan cara pengajaran

Mencari hubungan sebab akibat

Tidak menyukai hal yang tidak jelas dan tidak logis, misalnya tradisi dan perasaan

Menekankan kejujuran, keadilan, dan kebenaran

Kawatir sekali akan masalah kemanusiaan

Senang mengorganisir berbagai hal

Membuat peraturan rumit; tampil bossy

Kosakatanya banyak; informasinya luas & mendalam

Memanipulasi menggunakan bahasa ; bosan dengan teman sekolah & sebayanya

Harapan tinggi akan diri sendiri dan orang lain

Tidak toleransi, perfeksionis, bisa menjadi depresi

Kreatif/banyak akal ; senang menggunakan caranya sendiri

Dianggap mengganggu dan diluar “jalur”

Konsentrasinya intensif; mencurahkan perhatian yang besar dan sulit dibelokkan pada hal yang diminati

Lupa kewajiban dan orang lain saat sedang konsentrasi; tidak suka disela/diganggu; keras kepala

Sensitif, empati; ingin diterima oleh orang lain

Sensitif terhadap kritik atau penolakan dari sebayanya

Energy, semangat tinggi serta sangat alert

Frustrasi karena tidak ada kegiatan ; tampak seperti hiperaktif

Independen, memilih bekerja sendiri ; bertumpu pada diri sendiri

Menolak masukan dari orang tua dan sebayanya, tidak bisa kompromi

Bermacam-macam minat & kemampuan; berubah-ubah

Tampil tidak terorganisasi & berantakan; frustrasi karena kekurangan waktu

Rasa humor tinggi

Sebagiannya dapat salah menangkap humornya; mencari perhatian di kelas dengan “melawak”

Sumber: Nurturing The Social Emotional Development of Gifted Children.

Continue to part 7…