GIFTED atau AUTISME, Bagaimana membedakannya ? (part 8)

Tulisan ini merupakan Tulisan Ibu Julia Van Tiel yang saya kutip dari Blognya. Karena saat ini saya sedang konsern masalah ini. Tulisan ini akan dibagi menjadi beberapa bagian. Semoga bermanfaat.

Mooij (1992) mengutip Freeman (1983) Heinbokel (1988) dan Laycock (1957) tentang gejala anak-anak gifted sejak bayi yaitu :

seringkali lahir sebagai bayi besar dan berat

sering menunjukkan bunyi-bunyian (menangis, membuat bunyi-bunyian)

banyak gerak dan hidup, mempunyai banyak enerji

sangat dini sudah menginginkan dan dapat mengangkat kepala

menunjukkan perhatian yang besar dan ingin melihat segala sesuatu

sangat tidak sabaran dan selalu tegang

sangat dini sudah mempunyai kontak mata

menginginkan penerapan segera apa yang diketahuinya, atau sibuk menerapkan ke suatu tujuan, semuanya itu atas kebutuhan dorongan motivasi internalnya, dan tidak bisa digantikan karena adanya pujian, penghargaan, atau hadiah

sangat kuat dengan keinginan dan kearah perfeksionisme

mempunyai daya ingat yang sangat kuat

mempunyai hubungan emosi yang kuat dengan apa yang tengah dikerjakannya, misalnya dalam bidang ilmu-ilmu murni, bahasa, seni, musik, sosial, bidang psikomotor atau praktis

sangat baik dalam hal : bicara, melakukan abstraksi, generalisasi milai dari hal yang sederhan sampai yang istimewa, pemahaman terhadap pengertian-pengertian, dan peletakan hubungan

mempunyai rasa ingin tahu intelektualitas yang besar

mudah menerima pelajaran

mempunyai bidang minatan yang luas

mempunyai perhatian yang besar pada pemecahan masalah dan melakukan realisasi berbagai minatnya

penggunaan bahasa baik secara kualitas maupun kuantitas berada di atas teman sebaya

mandiri dan sangat efektif dalam bekerja

dapat membaca di usianya yang masih sangat dini

mempunyai kemampuan observasi yang baik

menunjukkan inisiatif dan orijinalitas dalam kerja intelektual

bereaksi secara alert dan cepat mendapatkan ide-ide baru

cepat mengingat sesuatu

mempunyai perhatian yang besar dalam hal-hal kemanusian

mempunyai imajinasi yang luar biasa

mudah mengikuti petunjuk yang kompleks

pembaca cepat

mempunyai banyak hobby

senang membaca berbagai macam hal

menggunakan perpustakaan secara efektif

sangat pandai dalam matematika/berhitung, terutama dalam hal pemecahan masalah.

Continue to part 9 ….