GIFTED atau AUTISME, Bagaimana membedakannya ? (part 12)

Tulisan ini merupakan Tulisan Ibu Julia Van Tiel yang saya kutip dari Blognya. Karena saat ini saya sedang konsern masalah ini. Tulisan ini akan dibagi menjadi beberapa bagian. Semoga bermanfaat.

Hal-hal yang mungkin terjadi dalam tumbuh kembang (Nijenhuis, 2003)

gangguan perkembangan bahasa dan bicara;

gangguan belajar (learning disable) terutama pada pelajaran membaca, menulis, dan spelling;

sekalipun anak-anak ini akan mempunyai inteligensia tinggi (anak ini akan sangat pandai) seringkali mempunyai prestasi yang jelek di sekolah;

mengalami kesulitan dalam kurikulum klasik;

mempunyai pemusatan perhatian yang rendah, cepat lelah dalam pelajaran yang menggunakan mondeling lama dan kompleks;

ia merasa sangat lelah sepulang sekolah ;

mudah beralih perhatian terhadap bunyian dan berbagai kejadian di sekitarnya ;

pemahaman terhadap waktu sangat buruk berkembang : mengalami kesulitan mengulang secara kronologis urutan kejadian, dan mengulangi cerita suatu dongeng ;

tak bisa turut bekerjasama dengan kelompok yang ribut, karenanya kemampuan sosialnya kurang baik berkembang ;

Untuk identifikasi gifted visuo-spatial yang mengalami CAPD ini, Lesley Sword (2002) dari Gifted Center NSW Australia memberikan beberapa patokan, yaitu jika ditemukan tanda-tanda berikut di bawah ini. Tanda-tanda ini digunakan hanya untuk idetifikasi dan selanjutnya diperlukan pemeriksaan oleh psikolog yang mendalami psikologi anak gifted.

1. WISC-III menunjukkan indikator :

  • adanya scater dari skor subtes IQ
  • umumnya skor IQ performal lebih tinggi daripada skor IQ verbal
  • umumnya mempunyai skor yang tinggi pada tes Block Design, Object Assemby dan Similarities

2. Mempunyai riwayat : infeksi telinga, alergi, asma, eksim, tonsillitis, sinusitis hingga

lima tahun pertama.

  1. Mempunyai riwayat conductive hearing loss di usia dini
  2. Tidak punya perhatian yang baik dan kacau
  3. Mempunyai kepekaan waktu yang kurang atau buruk dalam tes waktu.
  4. Mempunyai short term memory yang buruk tetapi mempunyai long term memory yang baik
  5. Sulit menyelesaikan tugas sekolah dan pekerjaan rumah.
  6. Tulisan tangan jelek atau sulit menulis tetap di atas garis, sulit memegang pinsil dengan baik terlalu kuat menekan atau terlalu halus saat menulis
  7. Mempunyai kemampuan mendengar yang jelek, kadang nampak seperti tuli
  8. Tidak mempertahankan kontak mata.
  9. Mempunyai kesulitan dalam spelling dan membaca
  10. Mempunyai kesulitan dalam perkalian dan komputasi
  11. Menyukai ide-ide yang kompleks, sering gagal dalam tugas yang mudah
  12. Bisa membaca dengan suara perlahan dan kesulitan membaca dengan suara keras.
  13. Tidak bisa duduk diam, mempunyai energy yang tak pernah habis, dan selalu gelisah.
  14. Sangat kreatif
  15. Mempunyai perasaan humor yang baik (kadang dengan cara yang berbeda)
  16. Secara emosional sangat sensitif
  17. Sangat sensitif terhadap kritik
  18. Secara fisik sangat sensitif misalnya terhadap suara dan kegaduhan, cahaya.
  19. Menyukai lego, puzzel, jigsaws, computer games, televisi, dan mengkreasi sesuatu
  20. Sangat tidak terorganisasi
  21. Menyukai seni/musik
  22. Mempunyai imajinasi yang hidup dan impian-impian

Sangat ingat jalan-jalan walaupun hanya satu kali lewat.